Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Projek Based Learning (PjBL) - SMK Muhammadiyah Kajen

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Projek Based Learning (PjBL)

Oleh : hery    2021-10-16 08:49:42   1535

Pandemi covid 19 mengharuskan peserta didik belajar dengan sistem daring atau PJJ. Peserta didik hanya mendapatkan transfer ilmu tapi tidak dengan pendidikan karakter sehingga berdampak luar biasa bagi peserta didik. Dampak yang terjadi yaitu menurunnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran. Peserta didik sering merasa bosan pada saat pembelajaran dikelas, peserta didik tidak fokus dalam pembelajaran, kadang saat peserta didik diberi pertanyaan sering tidak bisa menjawab dengan benar. Hal ini terjadi karena mereka sudah terbiasa atau sudah nyaman dengan pembelajaran daring. Kondisi ini juga diperburuk ternyata pada saat daring kurangnya perhatian dari orang tua mereka, banyak dari orang tua mereka yang bekerja di luar kota.

Dalam pembelajaran, guru sebagai fasilitator oleh karena itu seorang guru harus menguasai berbagai pendekatan dan model pembelajaran, dan strategi pembelajaran yang menyenangkan, sehingga mampu meningkatkan motivasi peserta didik serta mampu menunjukkan minat, bakat, kemampuan yang dimiliki peserta didik.

Untuk bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik, mengharuskan guru lebih kreatif dalam mengajar, guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran yang ada dan menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga proses pembelajaran bisa menyenangkan dan bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Guru harus bisa memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, model pembelajaran yang menyenangkan dan bisa meningkatkan motivasi belajar pesesrta didik yaitu dengan menggunakan model Projek Based Learning. Model Projek Based Learning dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam berkomunikasi, berkolaborasi dan berpikir kritis sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan penuh tantangan bagi peserta didik dan pembelajaran mengarah pada student centre.

Selain itu untuk bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik, guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolahan, guru dalam mengajar harus menggunakan Power Point dalam menyampaikan materi. PPT ini bisa membantu peserta didik memahami materi serta bisa membuat peserta didik tidak jenuh dengan materi yang disampaikan. Selain itu dalam menyampaikan materi guru bisa menyertakan video atau gambar-gambar yang menarik sehingga peserta didik tidak bosan dalam pembelajaran dan peserta didik lebih mudah memahami materi ajar yang disampaikan.

Dampak dari penerapan media berbasis TPACK yang dikombinasikan dengan model pembelajaran Projek Based Learning membuat peserta didik lebih bersemangat serta tidak cepat bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan menggunakan model Projek Based Learning, peserta didik lebih termotifasi, aktifitas belajar meningkat, ketrampilan meningkat, ini terlihat dari indikator keaktifan peserta didik naik, serta memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengaplikasikan ide-idenya

 

Ditulis Oleh Yuyun Setiowati, S.Pd
Guru SMK Muhammadiyah Kajen