Teknik Pendingin dan Tata Udara, Program Studi Baru SMK Muhamka

Oleh : rudiwd    2021-02-11 05:23:21   7197
Share :

Apa yang ada dalam benak kita saat mendengar nama program studi Teknik Pendingin dan Tata Udara? Ya benar, kulkas dan Air Conditioner (AC). Secara umum dan sederhana jurusan ini tidak jauh-jauh dari dunia pendingin udara, dalam bahasa teknik biasa disebut dengan refrigerasi.

Sistem Refrigerasi tidak hanya digunakan di rumah tangga seperti kulkas, namun juga pada kegiatan komersial seperti di pasar swalayan, restoran, gudang, hotel, untuk pengawetan/pendinginan makanan, pendinginan minuman dan lain sebagainya. Disamping itu juga untuk kegiatan transportasi darat-laut dan udara, serta digunakan di industri-industri, misalnya: industri kimia industri susu pabrik es industri gas industri agro (pertanian, perkebunan, peternakan) industri perikanan/kelautan dan lain-lain.

Sedangkan Sistem Tata Udara tidak hanya mencakup bidang kenyamanan saja, baik di rumah tangga seperti AC split dan AC window, tapi juga digunakan di apartemen, perkantoran, perbankan, rumah makan/cafe, perhotelan, gedung pertemuan, konvensi, mall, airport, rumah-rumah sakit untuk ruang operasi, dan lain sebagainya. Disamping itu, sistem ini digunakan di industri-industri, misalnya untuk Proses Kimia Steril, Clean Room, Produksi Microchip, Gudang Penyimpanan, serta untuk Transportasi Darat-Laut dan Udara.

Bagaimana dengan peluang kerjanya? jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara memiliki prospek kerja yang sangat cerah. Selain dibutuhkan disektor industri pembuat mesin-mesin pendingin seperti AC (Air Conditioner), Kulkas (Refrigerator), Chiller, dan mesin pendingin lainnya. Tenaga ahli refrigerator juga dibutuhkan oleh perusahaan umum, hal ini dikarenakan hampir semua perusahaan besar pasti membutuhkan pengkondisian udara yang baik dalam ruang kerjanya, untuk menjaga suhu benda/barang tertentu, serta perusahaan yang dalam proses produksi barang yang membutuhkan pengkondisian udara tertentu. Prospek kerja yang juga sangat menjanjikan bagi lulusan jurusan TPTU adalah mampu untuk berwirausaha atau bahkan membuka peluang lapangan pekerjaan. Membuka jasa servis AC, Kulkas dan lain sebagainya. Dengan keahlian yang mumpuni, seorang ahli refrigerasi akan sangat dicari oleh pelanggan masyarakat luas.

Berdasarkan luasnya kebutuhan akan sistem refrigerasi dan tata udara yang secara otomatis terbukanya kesempatan lapangan pekerjaan, maka dipilihnya program studi TPTU sebagai program studi baru di SMK Muhamka adalah pilihan tepat. TPTU SMK Muhamka siap ciptakan tenaga-tenaga ahli refrigerasi dan tata udara yang terampil, profesional, kompeten dan berahlak mulia.

TPTU SMK Muhamka dibuka mulai tahun pelajaran 2020/2021 dan memiliki laboratorium refrigerasi representatif dengan fasilitas industri. Untuk mendukung pengembangan kompetensi, jurusan TPTU SMK Muhamka menggandeng Panasonic sebagai mitra dari dunia industri. Didukung oleh tenaga pendidik yang profesional siap menggenapi program studi unggulan yang telah ada di SMK Muhamka.(rwd)